Menu

Berikut Ini Bahaya dari Pinjaman Online yang Harus Kita Ketahui

Agustus 30, 2019 - Intermezzo, Lifestyle, Property
Berikut Ini Bahaya dari Pinjaman Online yang Harus Kita Ketahui

Menjaga keuangan tetap aman dan stabil dalam jangka waktu panjang memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menabung, berinvestasi, hingga melakukan peminjaman uang. Namun saat ini tengah ramai yang namanya pinjaman online yang mudah dan tidak ribet. Hanya tinggal mengikuti langkah yang mereka tentukan, pada hari yang sama uang yang kita pinjam sudah cair.

Namun walau terkesan mudah dan sederhana, ada risiko berbahaya yang tersembunyi dibalik pinjaman online tersebut. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan berbagai risiko dari pinjaman online.

1. Bunga yang dipatok cukup tinggi

Sejak awal sebelum melakukan pinjaman pada lembaga tertentu, kita harus mengetahui besaran bunga yang ditetapkan. Namun, pada aplikasi pinjaman online bunga yang ditetapkan cukup tinggi. Bahkan ada beberapa kasus peminjam yang kesulitan hanya untuk melunasi bunga hutang tersebut.

Bagi orang yang bisa mengembalikan dana dengan cepat, tentu bunga ini bukan menjadi risiko yang besar. Masalahnya adalah peminjam tidak mengetahui besaran bunga dari yang yang mereka pinjam. Terkadang kita sudah tergiur lebih dulu pada kemudahan ketimbang kewajiban lain yang harus kita penuhi.

2. Data pribadi yang disalahgunakan

Salah satu risiko yang cukup ramai di media sosial mengenai pinjaman online adalah penyalahgunaan data pribadi nasabah. Dalam melakukan pinjaman ada yang namanya proses verifikasi, sehingga kita harus menyetorkan KTP serta swafoto kita.

Kemudian aplikasi pinjaman online selalu meminta akses terhadap data pribadi ponsel kita, misalnya kontak yang ada di handphone. Mengapa hal ini dilakukan? Karena pihak peminjam akan menghubungi seluruh nomor yang ada di kontak kita saat hutang menumpuk dan telah menunggak sekian lama. Hal ini tentu sangat meresahkan bukan hanya bagi kita, namun bagi nomor yang ada di ponsel kita.

3. Didatangi Debt Collector

Layaknya semua pinjaman, jika kita tidak mampu melunasi hutang dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka akan ada tindakan penagihan. Biasanya tindakan penagihan ini dilakukan secara bertahap mulai dari menelepon nomor kita hingga datang ke rumah.

Beberapa orang memercayai jika pinjaman online tindakan penagihan hanya dilakukan melalui email dan SMS. Kenyataannya mereka juga menggunakan jasa debt collector untuk mendatangi rumah kita sebagai tindakan penagihan. Beberapa kasus menunjukkan bahwa beberapa penagih melakukan tugasnya dengan sedikit kasar bahkan hingga mendatangi tempat mereka bekerja.

4. Biaya penagihan

Ternyata dalam pinjaman online ada jenis biaya lain yang menjadi kewajiban kita, yakni biaya administrasi penagihan. Biaya ini bisa muncul jika kita telat melunasi utang yang diminta atau biasa disebut dengan late fee. Belum lagi bahwa dalam tindakan penagihan masih membutuhkan jasa lainnya yang harus kita tanggung. Jadi, semakin lama kita menunggak maka bung dan late fee yang menjadi kewajiban kita akan semakin menumpuk, total uang yang harus kita bayarkan bahkan bisa menjadi lebih besar daripada utang yang seharusnya.

5. Mengatur keuangan dengan baik

Salah satu cara menghindari penggunaan pinjaman online adalah dengan memiliki pengaturan uang yang baik. Sering kali kita melakukan pinjaman untuk membeli barang-barang yang bukan prioritas. Kemudian, ada kemungkinan jika kita melakukan peminjaman karena keadaan yang memaksa. Hal tersebut tentunya bisa kita atasi jika memiliki perencanaan keuangan yang baik

Mulai saat iniĀ  cobalah untuk mencatat arus kas keuangan kita setiap bulan. Catat dengan baik pengeluaran serta pemasukan kita. Jangan lupa juga dalam setiap bulan untuk membuat daftar kebutuhan yang harus dibeli. Kemudian jangan lupa juga untuk menyiapkan tabungan dan dana darurat, agar terhindar menggunakan dana dari pinjaman online.

Pinjaman online sering kali dilakukan saat kita membutuhkan dana yang besar karena terkena musibah. Padahal kondisi tersebut bisa kita hindari jika sebelumnya sudah memiliki asuransi jiwa atau kesehatan. Perusahaan asuransi sudah banyak yang membuat produk asuransi dengan manfaat yang lengkap serta premi yang murah.

Dengan demikian kita bisa terhindari dari pengeluaran biaya yang besar saat dibutuhkan karena sudah terlindungi oleh asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *