Menu

Daftar Panjang Pelatih yang Dipecat Selama Liga 1 Indonesia

September 6, 2019 - Intermezzo, Kesehatan, Lifestyle
Daftar Panjang Pelatih yang Dipecat Selama Liga 1 Indonesia

Pemecatan pelatih sepakbola di Indonesia bukan hal yang tidak lumrah. Manajemen klub seringkali mengambil keputusan ini setelah tim dinilai tidak kunjung memperlihatkan perkembangan. Hingga pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019 berjalan, sudah ada 8 pelatih yang dicopot dari jabatannya. Musim ini bisa dibilang lebih ganas dibanding edisi Liga 1 Indonesia sebelumnya, di mana hingga pekan ke-13 ada 7 pelatih yang dipecat. Terakhir, keputusan mengejutkan diterima oleh Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya Surabaya. Pria asal Jawa Barat itu didepak usai Bajul Ijo hanya berhasil bermain imbang 2-2 melawan Madura United pada 10 Agustus lalu. Ia diberhentikan klub sebelum pertengahan atau akhir musim. Manajemen memutuskan mengganti mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan ini setelah Persebaya gagal memberikan kemenangan dalam tujuh laga terakhir, dengan rincian empat kali imbang dan tiga kali kalah. Saat ini Persebaya berada di peringkat ke-7 klasemen dengan perolehan 18 poin dari 13 laga. Untuk melihat berita liga 1 Indonesia lainnya, kunjungi www.bolanusantara.com.

 

Djanur dipecat hanya empat jam setelah pertandingan terakhir yang ia kawal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya selesai. Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, yang menyampaikan berita tersebut secara langsung. Menurut Candra, Djanur sudah diberikan waktu untuk melakukan perbaikan namun hasilnya tidak ada perubahan. Tak lama, Djanur langsung mengepak barang-barangnya dan bertolak ke rumahnya di Bandung. Ia mengaku cukup kaget dengan keputusan ini. Pasalnya, ia sudah membuat rencana pembenahan untuk kedepannya. Performa Djanur sendiri sebenarnya bukan tidak baik sama sekali. Bajul Ijo yang sempat masuk zona degradasi di tahun lalu berhasil ia angkat hingga masuk lima besar. Tahun ini, Persebaya juga berhasil menembus final Piala Presiden di bawah arahannya. Saat ini pun peringkat Persebaya tidak terlalu buruk, berselisih 11 poin dengan Tira Persikabo di posisi puncak klasemen Liga 1 Indonesia hingga pekan ke-13.

 

Pemecatan pelatih diprediksi akan terulang kembali melihat kurangnya performa Persib dan Persija. Adapun Robert Alberts, pelatih Maung Bandung yang belum bisa membawa klub asal Jawa Barat itu menang dalam lima laga terakhir. Sejauh ini mereka kalah tiga kali dan dua kali imbang. Sementara itu, sosok Julio Banuelos, pelatih Persija Jakarta asal Spanyol juga dinilai tidak aman karena Persija belum pernah menang dalam empat laga terakhir di Shopee Liga 1 Indonesia 2019.

 

Pelatih Arema FC asal Bosnia, Milomir Seslija, mengaku prihatin dengan pemecatan rekan seprofesinya padahal laga Liga 1 belum berjalan separuh musim. Ia menilai prestasi sepakbola tidak bisa diraih secara instan. Jika ada yang salah pada permainan, tidak bisa serta merta menyalahkan pelatih. Saat pelatih tidak lagi diberikan kepercayaan, pemain akan shock dan harus kembali beradaptasi. Milo juga sangsi permainan Persebaya akan mengalami perubahan di tangan Bejo Sugiantoro yang ditunjuk manajemen klub menggantikan Djanur.

 

Berikut daftar pelatih yang dipecat klub sampai minggu ke-13 Shopee Liga 1 Indonesia 2019:

  1. Ivan Kolev mengundurkan diri dari Persija Jakarta pada 3 Juni 2019 (pekan ketiga Shopee Liga 1 2019)
  2. Jacksen F. Tiago mengundurkan diri dari Barito Putera pada 23 Juni 2019 (pekan kelima Shopee Liga 1 2019)
  3. Aji Santoso mengundurkan diri dari Persela Lamongan pada 30 Juni 2019 (pekan keenam Shopee Liga 1 2019)
  4. Luciano Leandro dipecat Persipura Jayapura pada 30 Juni 2019 (pekan keenam Shopee Liga 1 2019)
  5. Syafrianto Rusli mengundurkan diri dari Semen Padang pada 8 Juli 2019 (pekan keenam Shopee Liga 1 2019)
  6. Jan Saragih dipecat Perseru Badak Lampung pada 28 Juli 2019 (pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019)
  7. Jafri Sastra dipecat PSIS Semarang pada 8 Agustus 2019 (pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019)
  8. Djadjang Nurdjaman dipecat Persebaya Surabaya pada 10 Agustus 2019 (pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *