Menu

Kenali Gejala-gejala Actinic Keratosis dan Langkah Pengobatannya Berikut Ini!

Februari 20, 2020 - Kesehatan, Lifestyle
Kenali Gejala-gejala Actinic Keratosis dan Langkah Pengobatannya Berikut Ini!

Actinic keratosis  atau yang dikenal juga sebagai solar keratosis merupakan sebuah kondisi dimana kulit menjadi kasar, menebal dan juga bersisik yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dalam jangka waktu panjang, ataupun pemakaian dari alat tanning untuk menggelapkan warna kulit. Kondisi yang satu ini umumnya dialami oleh orang-orang yang sudah berusia di atas 40 tahun dan memang kesehariannya adalah beraktivitas di bawah sinar matahari. Jadi lama kelamaan akan mengalami kondisi ini.

Penyebabnya sendiri seperti yang sudah dijelaskan karena terkena paparan dari sinar ultraviolet matahari secara berlebihan. Namun beberapa hal lainnya juga bisa meningkatkan resiko bagi seseorang untuk terkena solar keratosis ini, seperti diantaranya adalah tinggal di kawasan yang selalu terpapar oleh sinar matahari, memiliki kondisi kulit yang sensitif, kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah juga akan semakin meningkatkan resiko terhadap penyakit tersebut, apalagi untuk mereka yang memakai obat-obatan kemoterapi. Adapun diantara gejala dari penyakit ini, yaitu:

  1. Kulit menjadi kasar dan juga menebal, bahkan tak jarang kondisi kulit yang terkena solar keratosis ini menjadi mirip seperti kutil yang hitam.
  2. Kulit menjadi bersisik.
  3. Perubahan warna yang terjadi pada kulit, yaitu menjadi kemerahan ataupun juga kecoklatan.
  4. Diameter dari area yang mengalami kelainan tersebut umumnya adalah 2,5 atau bisa lebih kecil dari itu.
  5. Terasa sakit atau menimbulkan rasa panas hingga gatal pada area yang berdampak.
  6. Beberapa bagian kulit yang terkena solar keratosis ini biasanya adalah wajah, kepala, telinga, leher, lengan maupun pada punggung tangan.

 

Jika sudah merasakan gejala-gejala semacam ini maka dianjurkan bagi pasien untuk segera menjalani pengobatan ke dokter sebelum bertambah parah. Adapun diantaranya beberapa jenis pengobatan yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

 

  1. Pemakaian obat-obatan, biasanya ada beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, mulai diantaranya adalah krim sampai dengan gel yang pemakaiannya sendiri memang untuk area yang terdampak, obat topikal ini digunakan secara rutin untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, misalnya adalah gel antiinflamasi nonsteroid, kemudian juga pemakaian dari krim flourouracil hingga krim imiquimod.
  2. Terapi photodynamic, prosedur yang satu ini dilakukan oleh dokter dengan mengoleskan bahan kimia pada kulit yang bermasalah, selanjutnya adalah digunakan lampu khusus untuk menghancurkan bagian yang terdampak oleh solar keratosis tersebut. Biasanya akan terasa beberapa efek samping pada kulit ketika dilakukan terapi ini layaknya kemerahan dan juga bengkak, hingga sensasi seperti terbakar.
  3. Krioterapi, krioterapi akan dilakukan dengan menggunakan cairan nitrogen guna membekukan dan juga mengangkat bagian kulit tersebut. Sehingga nantinya area yang bermasalah ini akan melepuh, tampak menjadi lebih gelap dan juga memunculkan jaringan parut.
  4. Operasi, jika kasusnya sudah cukup parah, maka hal yang akan dilakukan oleh dokter adalah dengan mengoperasi bagian tersebut. Solusi ini dipakai agar semua sel-sel yang rusak tersebut dapat terangkat secara sempurna. Sel-sel yang mengalami kerusakan tersebut biasanya akan diangkat dengan memakai alat kuret.

 

Memang jika seandainya dibiarkan ada kemungkinan terjadi komplikasi pada solar keratosis ini, seperti ketika bintik-bintiknya berubah menjadi sel kanker yaitu sel skuamosa, ini adalah kanker kulit namun memang tidak membahayakan nyawa penderitanya. Untuk itu alangkah baiknya segera mengobati actinic keratosis tersebut jika mulai dirasakan ada gejalanya di kulit.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *