Menu

Mau Bangun Rumah? Persiapkan Hal Penting Ini

April 15, 2020 - Uncategorized
Mau Bangun Rumah? Persiapkan Hal Penting Ini

Memiliki rumah sendiri tentunya adalah cita-cita setiap orang. Nah, sebelum membangun rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Mulai dari material hingga tukang bangunan yang akan dipekerjakan. Semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Nah, di bawah ini adalah beberapa persiapan penting yang harus dilakukan saat membangun rumah.

1.        Gambaran, mentor dan estimasi

Ketika Anda akan membangun sebuah rumah, tentunya harus memiliki gambaran terlebih dahulu. Gambaran yang dimaksud di sini adalah gambaran akan rumah yang akan dibuat nanti. Mulai dari desainnya seperti apa, jenis bahan yang digunakan apa, ukurannya dan masih banyak lainnya.

Anda juga harus menentukan estimasi biaya yang diperlukan untuk membangun rumah impian dari awal sampai akhir. Misal membayar arsitek, membayar tukang bangunan, membayar material, dan masih banyak lainnya.

Jika ini adalah hal yang pertama bagi Anda, maka yang harus dilakukan saat ini adalah mencari mentor. Carilah mentor yang pernah membangun rumah dan mempersiapkan segalanya sendiri tanpa bantuan orang lain, misalnya saja seperti arsitek.

2.        Urus Izin Mendirikan Bangunan

Bisa dikatakan ini adalah syarat terpenting jika Anda akan membangun sebuah rumah. Ya, izin mendirikan bangunan atau IMB adalah sebuah izin yang diurus kepada pemerintah daerah untuk mengubah, membangun dan bahkan memperluas atau mengurangi sebuah bangunan.

Anda perlu mengurus hal ini terlebih dahulu, terlebih lagi jika suatu saat nanti rumah tersebut akan dirombak menjadi sebuah tempat usaha. Selain itu, mengurus hal ini juga sangat penting agar nantinya tidak ada masalah dengan legalitas.

3.        Tim pekerja bangunan

Untuk mendirikan sebuah rumah, Anda tentunya membutuhkan sebuah tim yang akan membantu proses pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar. Pastikan bahwa tukang bangunan yang dipilih ini memiliki keahlian dalam bidangnya dan profesional.

Pasalnya, rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang besar dimana harus dikerjakan dengan sedetail mungkin. Tidak hanya tukang bangunan saja, Anda juga membutuhkan jasa desain interior dan arsitek yang profesional untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4.        Rencanakan pembiayaannya dengan detail

Beberapa orang sering kali membangun rumah dan akhirnya mangkrak karena masalah pembiayaan. Ya, dalam membangun sebuah rumah tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda harus mengeluarkan dana puluhan hingga ratusan juta untuk membuat rumah yang sesuai dengan impian.

Agar proses pembangunan rumah bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan, maka Anda harus memperhitungkan biayanya dengan detail. Mulailah dengan menghitung biaya material yang dibutuhkan.

Kemudian menghitung biaya tukang bangunan dan pekerja yang lain dalam kurun waktu yang sudah direncanakan dari awal pembangunan hingga akhir. Hitung juga biaya desain interior dan masih banyak lainnya.

Anda juga perlu menyiapkan biaya cadangan karena bisa saja ada perubahan dari rencana hitungan yang Anda buat. Jangan pernah menghitung terlalu mepet karena harga material bisa sewaktu-waktu berubah dan estimasi pengerjaan rumah juga bisa sewaktu-waktu bertambah.

Dengan mempersiapkan segalanya sebelum membangun rumah, Anda bisa memiliki rumah dengan lebih terencana. Selain itu, estimasi pengerjaan-nya juga akan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, proses pengerjaan-nya juga sesuai dengan anggaran sebelumnya.

Bagaimana? Sudah siapkah untuk membangun hunian impian untuk keluarga? Lakukan 4 hal di atas agar proses pembangunan bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk gunakan tim bangunan yang profesional dan sesuai dengan bidangnya.

Hal ini karena, kualitas dari bentuk rumah Anda akan ditentukan oleh seberapa bagus kualitas dan tingkat profesional dari tukang bangunan yang Anda pilih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *