Menu

Manfaat Menggunakan Fintech di Masa Pandemi Seperti Saat ini

Agustus 16, 2020 - Intermezzo, Teknologi
Manfaat Menggunakan Fintech di Masa Pandemi Seperti Saat ini

Apabila membandingkan saat ini dengan satu dekade yang lalu, teknologi telah mengalami perkembangan yang pesat. Tidak hanya dalam bidang teknologi sendiri, namun juga dalam bidang-bidang lainnya seperti finansial. Dengan perkembangan teknologi, banyak aktivitas finansial yang jauh lebih mudah dilakukan dan tentunya lebih praktis dibandingkan dahulu. Seperti transaksi melalui aplikasi smartphone, pembayaran dengan e-money hingga melakukan investasi secara online. Mungkin anda tidak menyadarinya, akan tetapi financial technology merupakan bagian dari hal tersebut.

Belakangan ini istilah financial technology banyak menjadi bahan perbincangan, namun sebenarnya apa sih pengertian fintech (financial technology)? Financial technology merupakan gabungan antara teknologi dan juga sistem finansial atau sistem keuangan. Menurut NDRC (National Digital Research Centre), financial technology merujuk pada inovasi di bidang jasa finansial atau bisa juga diartikan sebagai inovasi finansial yang diberikan sentuhan teknologi.

Sedangkan menurut BI, financial technology memiliki definisi sebagai gabungan antara jasa keuangan dan juga teknologi dengan mengubah model bisnis dari bentuk konvensional menjadi bentuk moderat. Jadi, transaksi-transaksi yang awalnya harus dilakukan secara tatap muka langsung, kini dapat dilakukan tanpa perlu bertemu langsung, bahkan transaksi bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik.

Lalu apa saja yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan financial technology dalam kehidupan sehari-hari? Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan apabila menggunakan fintech OJK alias financial technology yang sudah di approve oleh OJK (legal). Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya:

Manfaat yang paling terasa adalah kemudahan dalam mendapatkan layanan finansial. Bandingkan saja satu dekade yang lalu, ketika anda ingin melakukan transfer antar bank maka anda harus datang ke teller bank atau mesin ATM. Namun sekarang anda tidak memerlukannya karena hanya dengan menggunakan smartphone, anda bisa melakukan transaksi ke seluruh bank.

Tidak hanya dalam urusan transfer uang saja, saat ini pun anda sudah dimudahkan dalam pembayaran tagihan bulanan. Misalnya saja pembayaran listrik, air, tv kabel hingga pembayaran BPJS.

Sebelum adanya fintech, pelaku UMKM mengandalkan pinjaman dari bank untuk mendapatkan modal. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan menggunakan pinjaman bank, hanya saja pinjaman bank memiliki bunga yang tergolong cukup tinggi, apalagi proses pengajuan yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Sistem yang biasanya digunakan adalah P2P atau peer to per lending, yang merupakan praktik platform online yang mempertemukan pelaku UMKM dengan orang-orang yang mau memberikan investasi atau meminjamkan uang.

Layanan financial technology memberikan banyak sekali manfaat, tidak hanya untuk pelaku UMKM saja namun juga untuk masyarakat pada umumnya. Apabila bisa menggunakan layanan ini dengan bijak, maka anda bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *