Menu

Pengertian Polusi Udara Beserta Penyebab, Dampak, Dan Cara Mencegahnya

Juli 15, 2021 - Intermezzo, Kesehatan, Lifestyle
Pengertian Polusi Udara Beserta Penyebab, Dampak, Dan Cara Mencegahnya

Setiap kali kamu beraktivitas mungkin kerap merasakan situasi udara yang membuat tidak nyaman. Terkadang melihat asap yang keluar dari kendaraan bermotor saja akan langsung membuat kamu harus menutup hidung rapat – rapat supaya tidak menghirupnya.

Kini, bagi kamu yang tinggal di perkotaan besar sudah tidak bisa keluar rumah dengan nyaman jika tidak menggunakan masker. Situasi tersebut tentunya sangat menyedihkan padahal mungkin masih teringat di benak kamu mengenai betapa nyamannya hidup terdahulu ketika kendaraan bermotor yang berlalu lalang di jalan raya belum begitu banyak.

Kamu tidak akan pernah bisa lepas dari kemajuan teknologi yang membuat kamu bisa dengan mudahnya memiliki kendaraan pribadi masing – masing. Dengan menggunakan kendaraan pribadi memang bisa membuat perjalananmu menjadi lebih singkat, namun polusi yang dihasilkannya juga akan semakin besar.

Namun, apakah kamu tahu polusi udara itu apa? Supaya kamu bisa lebih memahami mengenai pengertian dan berbagai efek yang bisa ditimbulkan oleh polusi udara. Simak ulasan mengenai pengertian polusi udara beserta penyebab, dampak, dan cara mencegahnya dibawah ini :

  1. Pengertian Polusi Udara

Polusi udara adalah sebuah kondisi yang bisa memicu munculnya banyak penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Terkadang ketika kamu pergi keluar rumah dan tidak menggunakan masker, kemudian merasakan bahwa udara yang dihirup rasanya tidak nyaman. Itulah sebuah momen dimana kamu sedang menghirup udara yang telah tercampur polusi.

Polusi udara bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis pencemaran lingkungan hidup selain dari pencemaran tanah, pencemaran suara, serta pencemaran air.

  1. Penyebab Bisa Terjadinya Polusi Udara

Memang polusi udara masih bisa dihasilkan secara alami oleh alam, meski begitu tangan manusialah yang menyebabkan polusi tersebut menjadi semakin besar dan bahkan tidak terkendali.

Polusi udara mulai menjadi masalah yang sangat besar semenjak adanya revolusi industri mulai akhir abad ke-18 hingga awal abad ke-19, dimana pada saat itu manusia secara besar – besaram melakukan ekspansi dan perkembangan industri secara masif.

Penyebab lain terjadinya polusi udara adalah karena semakin banyaknya kendaraan pribadi yang memenuhi jalanan perkotaan. Masalah emisi yang tidak terlalu ketat membuat polusi udara tersebut menjadi semakin parah, bahhkan masih diizinkannya untuk beroperasi kendaraan-kendaraan yang mengeluarkan asap dari knalpot. Negara Indonesia tampaknya masih memperbolehkan kendaraan yang sudah tidak layak jalan masih tetap bisa beroperasi.

  1. Dampak Polusi Udara

Selain bisa mempengaruhi saluran pernapasan manusia dan hewan, polusi udara yang terhisap dalam jangka panjang dan masuk kedalam tubuh juga bisa menganggu kerja dari hemoglobin. Jika kerja hemoglobin tersebut terganggu, maka oksigen tidak bisa beredar secara lancar dan normal didalam tubuh.

WHO mengeluarkan pernyataan bahwa setidaknya ada sekitar 7 juta orang setiap tahunnya yang meninggal dunia akibat polusi udara yang menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan. Kasus tersebut tercatat terus meningkat setiap tahunnya akibat masalah polusi udara yang terus meningkat semakin tinggi. Kebanyakan kasus kematian tersebut terjadi di negara-negara yang berpenghasilan rendah dan minim pengetahuan akan betapa pentingnya menggunakan masker ketika berpergian.

  1. Cara Mencegah Polusi Udara

Polusi udara yang semakin parah saat ini membuat banyak masyarakat yang akhirnya menyadari betapa pentingnya untuk selalu menjaga kondisi dari bumi tercinta. Bahkan negara – negara besar juga telah memberlakukan regulasi yang super ketat terhadap kendaraan bermotor dan pabrik industri. Kamu juga bisa ikut berperan untuk mencegah semakin besarnya polusi udara dengan mulai menggunakan kendaraan umum serta mengurangi menggunakan kendaraan pribadi.

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *