Menu

Gangguan Perkembangan pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Agustus 3, 2021 - Intermezzo, Kesehatan
Gangguan Perkembangan pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Bunda dan suami pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Mulai dari; menyiapkan dana pendidikannya, memberikan perlindungan seperti produk asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

Namun, tidak hanya penting untuk menyiapkan itu semua, Bunda juga perlu untuk mengetahui hal yang mungkin terjadi seperti gangguan tumbuh kembang pada anak . Melansir dari sehatQ.com, terdapat beberapa gangguan perkembangan yang biasanya bisa dialami oleh anak-anak dan perlu diwaspadai, berikut di antaranya:

1. Gangguan Motorik

Salah satu gangguan tersebut adalah motorik. Seperti diketahui, motorik merupakan keterampilan yang melibatkan gerakan seluruh tubuh manusia. Mengutip dari laman halodoc.com, motorik manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu motorik halus dan motorik kasar.

Di mana, motorik halus ditandai dengan gerakan-gerakan kecil seperti memegang mainan. Sementara, motorik kasar biasanya lebih menonjolkan gerakan yang lebih besar seperti menendang bola, melompat dan lainnya.

Jika anak mengalami gangguan motorik ini, maka bisa ditandai dengan beberapa aspek, seperti:

2. Gangguan bahasa dan bicara

Selain gangguan motorik, anak juga rentan mengalami gangguan bahasa dan bicara. Di mana, ketika mengalami gangguan ini, anak akan kesulitan untuk berbicara, tidak bisa memahami perkataan orang lain, bahkan tidak dapat mengungkapkan pikirannya sendiri.

Nah, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan jika anak mengalami gangguan bicara dan bahasa, misalnya:

3. Gangguan kognitif

Gangguan kognitif yang dialami anak-anak dapat mempengaruhi pemikirannya sehingga mengakibatkan anak sulit untuk mengingat, belajar, dan lainnya.

Biasanya, anak yang mengidap gangguan kognitif ini akan menunjukkan beberapa tanda, seperti:

Bukan hanya itu saja, anak juga rentan mengalami gangguan sosial dan emosional. Di mana, saat anak menginapnya, ia akan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain ataupun mengekspresikan dirinya sendiri.

Itu dia beberapa gangguan perkembangan pada anak yang sebaiknya Bunda waspadai agar anak tidak mengalaminya. Semoga bermanfaat, ya!

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *